Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang

  • Elly Wardiningsih Universitas Tamansiswa Padang
  • Hesti Mayasari Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi dan kualitas pelayanan secara satu per satu dan secara bersamaan terhadap keputusan menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 82 orang nasabah yang menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang dengan teknik sampling adalah simple random sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara angket dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi linier berganda Y = 0,656 + 0,460 X1 + 0,374 X2 + e. Uji t menghasilkan motivasi nasabah berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung pada Bank Sinarmas Syariah Padang, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung pada Bank Sinarmas Syariah Padang. Uji F menghasilkan motivasi nasabah dan kualitas pelayanan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung pada Bank Sinarmas Syariah Padang. Nilai koefisien determinasi yang dihasilkan adalah 0,492 atau 49,2%.

References

Alma, Buchari. 2005. Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
------------. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Boediono, B. 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daulay, Raihanah. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Mandiri Syariah Di Kota Medan. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/91/pdf
Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kotler, Philip dan Armstrong. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: CV. Alfabeta.
Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Perkembangan Bank Syarih di Indonesia. 2010. http://cintasyariah.wordpress.com/2010/02/25/perkembangan-bank-syariah-di-indonesia
Rangkuti, Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sarwono, Jonathan. 2009. Panduan Lengkap untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Schiffman Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Sulaiman, Wahid. 2004. Statistik Non-Parametrik, Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sujarwo, Makmur. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk,Unit Pelayanan Syariah Tegal. http://e-journal. upstegal.ac.id/index.php/per/article/viewFile/468/437
Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Umar, Husein. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Utami, Wahyu. 2015. Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi Dan Motivasi Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Banjarmasin).http://jwm.unlam.ac.id/id/ index.php/jwm/article/download/14/14
Published
2017-05-15
How to Cite
WARDININGSIH, Elly; MAYASARI, Hesti. Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 40-51, may 2017. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/52>. Date accessed: 01 mar. 2024.