PENGARUH IKLAN INTERNET, CELEBRITY ENDORDER DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI PADA SHOPEE DI KOTA PADANG

  • HESTI MAYASARI Universitas Tamansiswa Padang
  • PATMAWATI PATMAWATI Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan internet, celebrity endorser, dan gaya hidup secara parsial dan simultan terhadap minat beli pada Shopee  di kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive Sampling, Sampel penelitian sebanyak 100 responden, metode pengumpulan data adalah menggunakan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil regresi linear berganda adalah Y= -0,690 + 0,057 X1 + 0,378 X2 + 0,413 X3 + e. Dari Hasil Uji t didapatkan bahwa iklan internet tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Shopee  di Kota Padang, sedangkan celebrity endorser dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Shopee  di Kota Padang. Hasil uji F didapatkan bahwa iklan internet,  celebrity endorser dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada Shopee  di Kota Padang. Hasil koefisien determinasi sebesar 69,2%.

References

Agus, I Putu Eka Pratama. 2015. E-Commerce, E-Business dan mobile commerce. Bandung: Infomatika.

Ahmadi, Candra dan Hermawan Dadang. 2013. E-Bussiness dan E-Commerce. Yogyakarta: CV. Andi Offcet.

Bimal, Anjum, Dr, Sukhwinder Kaur Dhanda and Sumeet Nagra, 2012. Impact of Celebrity Endorsed Advertisiments on Consumers.Asia Pacific Journal of Marketing & Management Review. Vol.1, No.2 : 22-33.

Junaedi Fajar. 2013. Komunikasi Politik : Teori aplikasi dan strategi di indonesia. Yogyakarta: Buku Litera.

Karimi, Sahar. 2013. A purchase decision-making process model of online consumers and its influential factor a cross sector analysis. Skripsi. England :University of Manchester.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2015. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kwek, Liang Choon, Tan, PIEW Hoi, dan Lau, Chai Teck. 2010. The Effect of Shopping Orientations, Online Trust, and Prior Online Purchase Experience Roward Cistomer’s Online Purchase Intention. Journal of International Business Research, Vol. 3, No.3 : 2-4.

Lapera, Eka. 2013. Pengaruh iklan produk, gaya hidup,celebrity endorser, dan pesan iklan terhadap minat beli konsumen. fakultas ekonomi dan bisnis. Skripsi. Salatiga.

Meldarianda dan Lisan. 2010. Pengaruh Store Atmosphere terhadap niat beli pada Resort Cafe Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis da Ekonomi. Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Vol. 17, No. 2 : 97-108.

Morissan.A.M 2014. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Pertama. Cetakan ketiga. Jakarta:Salemba Empat.

Murti, Baskoro dan Yohanes. 2014. Analisis Pengaruh Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Citra Merek dalam Peningkatan Minat Beli pada Produk Sepatu Olah Raga Adidas (Studi pada Warga Kelurahan Banyumanik Kecamatan Banyumanik). Jurnal Manajemen. Vol.3, No.3 : 1-15.

Pradhan, Debasis, Israel Duraipadian., and Dhruv Sethi. 2014. Celebrity Endorsement: How Celebrity- Brand – User Personality Congruence Affects Brand Attitude And Purchase Intention. Journal of Marketing Communications, Vol.2, No.2 : 163-174.

Rahmadani, Febrina. 2019. Pengaruh Gaya Hidup dan Iklan Internet terhadap Minat Beli secara Online Mahasiswa Universitas Tamansiswa Padang. Skripsi. Padang: Universitas Tamansiswa Padang.

Rohani, Y. 2015. Perbandingan Efektifitas Penelusuran Informasi Ilmiah Menggunakan Search Engine Google dan Search Engine Bing. Jurnal Bianglala Informatika. Vol.3, No.1 : 41-49.

Roza’in,Ahmad. 2017. Pengaruh celebrity endorser, gaya hidup, dan media Iklan terhadap keputusan pembelian smartphone Smartfren andromax di kota kediri. Prodi S1 Manajemen fakultas ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Simki-Economic Vol. 01 No. 05 : 11-29.

Sartika. 2018. Pengaruh Celebrity Endorserdan Media Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pond’s Di Kota Makassar. Skripsi. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Shimp, Terence A. 2010. Periklanan Promosi Apek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Simamora, B. 2011. Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Swisstiani, Febby. 2014.Pengaruh Persepsi Harga, Efektivitas Iklan Internet Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tokoonline Zalora. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

https://www.thidiweb.sejarahShopee.com
Published
2019-12-31
How to Cite
MAYASARI, HESTI; PATMAWATI, PATMAWATI. PENGARUH IKLAN INTERNET, CELEBRITY ENDORDER DAN GAYA HIDUP TERHADAP MINAT BELI PADA SHOPEE DI KOTA PADANG. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], dec. 2019. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/543>. Date accessed: 27 feb. 2024.