PENGARUH PELAKSANAAN PELATIHAN TERHADAP PEMAHAMAN GURU TENTANG ALAT PERAGA EDUKATIF

  • NENNY MAHYUDDIN
  • RANI SOFYA

Abstract

An understanding of learning media is very important for a teacher. Appropriate learning media can make it easy for teachers to deliver learning materials more efficiently and effectively. Kindergarten teachers in  Koto V Kampung Dalam are still constrained in making learning media understand and the research conducted is a pre-experimental design research on teachers who take training in making educational teaching aids in District V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman Regency. The study design is one group pretest-post test design. The study was conducted on 22 training participants. The data was processed using SPPS version 21. The results showed that there was an effect of the implementation of the training on teachers’ understanding of educational teaching aids. The training that has been done has increased the understanding and skills of teachers in making educational media aids, it is recommended to teachers to utilize the skills that they have in their daily life as a teacher.

References

[1] Azar, A. ‘’Media pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran ‘’, dsb).2011

[2] Sadiman, Arief S ‘’Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya’’, Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada.2009

[3] Mahnun, N. ‘’Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran)’’. An-Nida', 37(1), 27-34. 2012

[4] Nurseto, T. ‘’Membuat media pembelajaran yang menarik’’. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).2011

[5] Sari, P. Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran. Mudir, 1(1), 58-78.2019

[7] Isa. ‘’Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa’’. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 6 (1).2010

[8] Adams, C. ‘’Powerpoint and the pedagogy of digital media technologies’’. In Educational media and technology yearbook (pp. 139-154). Springer, New York, NY. 2012

[9] Taniredja, Tukiran. Model-Model Pembelanjaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.2010

[10] Hasibuan, J.J. Moedjiono. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006

[11] Yusuf. Penggunaan metode yang efektif dalam pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.2002

[12] Sudjana. Penelitian Proses Motivasi belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009

[13] Juniati, E. Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283-291. 2017

[14] Sudjana. Penelitian Proses Motivasi belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009

[15] Mahdalena, S., Uliyanti, E., & Sabri, T. Penggunaan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN Di Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3). 2014

[16] Basrudin, B., Ratman, R., & Gagaramusu, Y. Penerapan Metode Tanya Jawab untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di Kelas IV SDN FatufiaKecamatan Bahodopi. Jurnal Kreatif Online, 1(1). 2014

[17] Nouri, H., & Shahid, A. The effect of Powerpoint presentations on student learning and attitudes. Global Perspectives on Accounting Education, 2, 53. 2005

[18] Elpira, N., & Ghufron, A. Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94-104.. 2015

[19] Gaol, D. K. L., & Sirait, M. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(2).2014.

[20] Isa. Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal pendidikan fisika Indonesia, 6 (1). 2010
Published
2019-12-31
How to Cite
MAHYUDDIN, NENNY; SOFYA, RANI. PENGARUH PELAKSANAAN PELATIHAN TERHADAP PEMAHAMAN GURU TENTANG ALAT PERAGA EDUKATIF. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], dec. 2019. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/555>. Date accessed: 08 may 2024.