PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DAN NON PERANGKAT NAGARI SINTUK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  • NURLINA NURLINA Universitas Tamansiswa Padang
  • MARLIS MARLIS Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja perangkat dan non perangkat Nagari Sintuk Kabupaten Padang Pariaman secara paesial dan simultan.Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampel jenuh (total sampling) dengan 56 responden.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis regresi linear berganda ditemukan bahwa Y = 17,231 + 0,327 X1 + 0,440 X2 + e. Hasil uji t yang dilakukan pada variabel kepemimpinan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja perangkat dan non perangkat Nagari Sintuk Kabupaten Padang Pariaman dengan nilai thitung 2,513 > ttabel 1,672, dan variabel Motivasi Kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Kinerja perangkat dan non perangkat Nagari Sintuk Kabupaten Padang Pariaman dengan nilai thitung 2,023 > ttabel 1,672. Hasil uji F yang dilakukan terbukti bahwa variabel kepemimpinan dan Motivasi Kerja memiliki nilai Fhitung 9,451 > ttabel 3,17 sehingga variabel Kepemimpinan dan Motivasi Kerja secara bersama-sama  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja perangkat dan non perangkat Nagari Sintuk Kabupaten Padang Pariaman, sementara nilai koefisien determinasi (R2) didapat Adjusted R Square sebesar 23,5% dan sisanya 76,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ikut dalam dibahas penelitian ini seperti iklim organisasi, kualitas pekerjaan, inisiatif, kuantitas pekerjaan dan disiplin kerja.

References

Dr. Wibowo, SE, M.Phil. 2014. Manajemen Kinerja, Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Hasibuan, Melayu, SP. 2010. Organisasi dan Motivasi.Dasar Peningkatan Produktivitas. Cetakan ketujuh.. Jakarta. Bumi Aksara
Imam Fauzi, 2012. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Angora.Vol.3.No.2
Nugroho Agung dan Askar Yunianto, maret 2014. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Lingkungan kerja terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Kehutanan Kabupaten Pati. Tema Vol 6 Edisi 1.
Rangkuti, Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Rivai, Veithzel dan Sagala, Elia Jauvani. 2009.Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari teori ke praktik.Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Robert dalam Eltiswi.2014. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Koperasi Sawit Sukali Kabupaten Pesisir Selatan.
Suhardi. 2013. The Science of Motivation Kitab Motivasi.Jakarta: PT Alex Media Komputindo..
Sunyoto, Dadang. 2011. Analisis regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta..CAPS
Sutrisno, Edy. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Wibowo.2014. Manajemen Kinerja Edisi keempat, Rajawali Pers, Jakarta.
Published
2019-12-31
How to Cite
NURLINA, NURLINA; MARLIS, MARLIS. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PERANGKAT DAN NON PERANGKAT NAGARI SINTUK KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], dec. 2019. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/572>. Date accessed: 16 apr. 2024.