Pengaruh Psikologi Konsumen dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Berinvestasi Emas Mulia Pada Pegadaian (Persero) Cabang Ulak Karang Padang

  • Faramita Rosari Universitas Tamansiswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamansiswa Padang
  • Henny Sjafitri Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh psikologi konsumen dan persepsi nilai secara parsial dan simultan terhadap minat berinvestasi Emas Mulia pada Pegadaian  (Persero)  Cabang  Ulak  Karang  Padang.  Metode  penelitian  yang  digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan, teknik purposive sampling, dengan  jumlah  sampel  sebanyak  100  responden.  Teknik  analisis  data  yang  digunakan adalah uji regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien deteminasi. Berdasarkan  hasil uji secara parsial variabel   psikologi konsumen dan persepsi nilai berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi Emas Mulia Pada Pegadaian (Persero) Cabang Ulak Karang Padang  dengan  nilai  signifikan  <  0,05.  hasil  uji  secara  simultan  variabel  psikologi konsumen  dan  persepsi  nilai  berpengaruh  signifikan  terhadap  minat  berinvestasi  Emas Mulia Pada Pegadaian (Persero) Cabang Ulak Karang Padang dengan nilai signifikan <0,05.  Dan  hasil  koefisien  determinasi  didapatkan  Adjusted  R  Square  sebesar  35,9 %, sisanya 64,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

References

Asanti Amalia Mahdhiani 2015. Pengaruh Electronik Word Of Mounth dan Persepsi Nilai
Terhadap Minat Bowl-Ling Fruit Bar di Yogyakarta.

Durianto, Darmadi. dkk. 2008. Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, Augusty. 2006. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan
Penerbit Universitas. Diponegoro.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manjaemen Pemasaran. Diterjemahkan oleh
Bob Sabran M.M. Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Simamora, B. 2008. Riset Pemasaran : Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Jakarta : Gramedia
Pustaka Utama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).
Bandung: Alfabeta.

Umar Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Edisi kedua.
Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Published
2017-05-15
How to Cite
ROSARI, Faramita; CANDRA, Yuni; SJAFITRI, Henny. Pengaruh Psikologi Konsumen dan Persepsi Nilai Terhadap Minat Berinvestasi Emas Mulia Pada Pegadaian (Persero) Cabang Ulak Karang Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 59-73, may 2017. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/58>. Date accessed: 29 apr. 2024.