Pengaruh Pengaruh Norma Subjektif, Risiko Membeli dan Sikap Terhadap Keputusan Pembeliaan Sepatu Adidas Palsu (Studi Empiris Pada Mahasiswa di Kota Padang)

Indonesia

  • Alfattory Rheza Syahrul Prodi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Padang Sumatera Barat
  • Syailendra Eka Saputra STKIP PGRI Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untk mengetahui pengaruh norma subjektif, risiko membeli dan sikap terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas Palsu pada Mahasiswa di Kota Padang. Pada penelitian ini yang mennjadi sampel adalah 120 orang mahasiswa yang dipilih secara acak pada sejumlah kampus terkemuka di Kota Padang. Proses pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada target responden yang terpilih. Metode analisis yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis adalah dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan pengujian t-statistik. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa norma subjektif, risiko membeli dan sikap berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas Palsu pada mahasiswa di Kota Padang baik secara parsial atau pun setelah dilakukan pengujian secara simultan

References

DAFTAR PUSTAKA
Aisiyah, I., & Nur. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap Konsumen dan Minat Pembelian Produk Handbag Merek Tiruan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(4).
Bian, X., & Moutinho, L. (2011). The role of brand image, product involvement, and knowledge in explaining consumer purchase behaviour of counterfeits: Direct and indirect effects. European Journal of Marketing, 45(1), 191–216. https://doi.org/10.1108/03090561111095658
Budiman, S., & Wijaya, T. (2014). Purchase Intention of Counterfeit Products: The Role of Subjective Norm. International Journal of Marketing Studies, 6(2). https://doi.org/10.5539/ijms.v6n2p145
Gharzian, A. I. (2018). Keputusan Pembelian Barang KW Dikalangan Mahasiswa Salatiga. Journal of Economic Education, 7(1), 1–5.
Ghozali, I. (2016). Dasar Dasar Statistik dalam Aplikasi SPSS 19.0. Semarang: Universitas Diponegoro.


Keller, K. L. (2016). Strategic Brand Management Building, Measuring and Managing Brand Equity. Journal of Brand Management (Fourth Edi). New York: Pearson. https://doi.org/10.1057/bm.1998.36
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). https://doi.org/10.1080/08911760903022556
Mintardjo, C. M., Mandey, S., & Binalay, A. G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 395–406.
Nursaidah. (2013). Pengaruh Risiko Pembelian, Harga Atas Kualitas Produk, Kontrol Perilaku, Norma Subjektif, Dan Integritas Terhadap Sikap Dan Minat Pembelian CD Musik Bajakan Di Kota JEMBER. JEAM Vol XII Nomor 1, XII(1412–5366), 1–35.
Prihapsara, F., & Velayanti, R. (2017). The Influence of Attitude and SubjectiveNorm Towards The Purchase Intention as Potential Consumer of Mouthwash Product. JPSCR : Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research, 2(01), 06. https://doi.org/10.20961/jpscr.v2i01.5232
Riquelme, H. E., Mahdi, E., Abbas, S., & Rios, R. E. (2008). Intention to purchase fake products in an Islamic country. Contemporary Middle Eastern Issues, 5(1), 6–22.
Rois, E. L. H. (2016). Pengaruh Religiusitas, Norma Subyektif Dan Perceived Behavioral Control Terhadap Niat Membeli Produk Makanan Ringan Berlabel Halal (Studi Pada Mahasiswa Muslim Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Eprints Uny, 1–187.
Sekaran, U. (2013). Research Methods for Business. Jakarta: Salemba Empat.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat.
Sharma, C. S., & Sharma, N. (2015). Impact of Facades of Comformity on Self Monitoring and Burnout An Investigation In to Causes. Research Modeling, (January 2014).
Sharma, P., & Chan, R. Y. K. (2016). Demystifying deliberate counterfeit purchase behaviour: Towards a unified conceptual framework. Marketing Intelligence and Planning, 34(3), 318–335. https://doi.org/10.1108/MIP-12-2014-0228
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tjiptono, Fandy & Gregorius, C. (2012). Pemasaran Strategik (Cetakan 2). Yogyakarta: Bayumedia.
Wanda, D. Y. C., Kusumawati, A., & Sanawiri, B. (2018). The influence of perceived risk toward trust and its impact on purchase intention (Study on Go-Ride consumer in Malang City). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 64(1), 145–152.
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2011). Service Marketing Peopel, Technology, Strategy. Services Marketing: People, Technology, Strategy (Seventh Ed). Boston: Prentice-Hall.
Wu, G. J., Bagozzi, R. P., Anaza, N. A., Yang, Z., & Wu, G. J. (2019). perceived detection probability A goal-directed interactionist perspective of counterfeit consumption The role of perceived detection probability. European Journal of Marketing.S
Published
2021-05-27
How to Cite
SYAHRUL, Alfattory Rheza; SAPUTRA, Syailendra Eka. Pengaruh Pengaruh Norma Subjektif, Risiko Membeli dan Sikap Terhadap Keputusan Pembeliaan Sepatu Adidas Palsu (Studi Empiris Pada Mahasiswa di Kota Padang). Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 2, may 2021. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/688>. Date accessed: 29 mar. 2024.