Instagram Sebagai E-Commerce Model Business Pada Usaha Mikro di Kota Padang

  • Mega Putri Nolasary Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perceived of risk terhadapintention transactionpada Usaha Mikro yang menggunakan Instagram sebagai model bisnis (e-commerce) di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan Populasi konsumen kota Padang yang pernah berbelanja menggunakan aplikasi Instagram pada usaha Mikro, yang jumlahnya tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan pendekatan insidental sampling pada 100 responden.


 


Hasil penelitian ini menjelaskan Variabel perceived of risk (X), tidak berpengaruh terhadap intentio transaction pada usaha mikro di kota Padang yang sudah menggunakan Instagram sebagai model bisnisi (e-commerce) untuk menjalankan bisnisnya. Hal ini dapat dilihat dari signifikan 0,168 > 0,05, dan nilai ttabel df = n – k  = 100 – 3 (1,660) berarti nilai thitung< ttabel (1,387 > 1,660), maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis H1, bahwa perceived of risk tidak berpengaruh signifikan terhadap intention transaction

References

APJII. (2020). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2020.
Dinas KUMKM Kota Padang: Rekapitulasi Usaha Mikro Kota Padang, 2021.
Kotler, Phillip. dan Amstrong Garry. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Lui, H.K., Jamieson, R. 2003. TRiTAM: A Model for Integrating Trust and Risk Perceptions in Business to Consumer E-commerce, 16th Bled E-commerceConference Transformation Bled. Slovenia, June : 349-364.
McLeod, R. dan Schell, Jr., G. P., 2008, Management Information System, Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat. Penelitian BPS tahun. 2012. Tentang Penyerapan Tenaga Kerja Oleh UKM
Napoleon Cat.2020: pengguna Instagram di Indonesia mencapai.
Yonaldi, S dan Hafrizal O. A. P, M. Fauzan. 2018. E-Commerce Use on Micro, Small and Medium Enterprises (Case study: SMEs at Padang City of Indonesia). Padang: Universitas Tamansiswa Padang.
Padang: Universitas Tamansiswa Padang.
Yonaldi, Sepris. 2018. Kewirausahaan, Menumbuhkembangkan UMKM di Era Digital. Padang: PT. Brain Insight
Indonesia (BRIGHT)
Published
2021-09-30
How to Cite
NOLASARY, Mega Putri. Instagram Sebagai E-Commerce Model Business Pada Usaha Mikro di Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 3, sep. 2021. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/714>. Date accessed: 04 may 2024.