Strategi Daya Saing Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Batik Tanah Liek Pusako Mande)

Daya Saing

  • sepris yonaldi Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi lingkungan Batik Tanah Liek Pusako Mande serta menganalisis strategi yang tepat dan ideal yang dapat meningkatkan daya saing pada produk Batik Tanah Liek Pusako Mande. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstruktur dan kuesioner kepada pihak-pihak yang memahami kondisi Batik Tanah Liek Pusako Mande. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT yang meliputi IFE, EFE, TOWS, IE, Grand Strategy dan QSPM. Temuan matriks IFAS menunjukan bahwa Batik Tanah Liek Pusako Mande mempunyai kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan faktor kelemahan dalam menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing. Sedangkan Matriks EFAS menemukan bahwa penentuan strategi bersaingnya maka Batik Tanah Liek Pusako Mande mempunyai peluang yang cukup besar dibandingkan ancaman yang akan timbul. Hasil analisis Matriks SWOT, IE dan Grand Strategy sebagai hasil akhir penelitian ini yang merupakan hasil matriks QSPM merekomendasikan bahwa dari empat alternatif strategi yang selalu muncul dalam tahap pencocokan, jika diurutkan dari total nilai daya tarik terbesar, maka strategi yang menjadi pilihan bagi Batik Tanah Liek Pusako Mande adalah strategi pengembangan produk yaitu dengan tetap mempertahankan kualitas produk tetapi terus berinovasi untuk menciptakan desain motif dan corak yang sesuai dengan selera konsumen, tanpa menghilangkan unsur kearifan lokal yang terdapat pada batik tersebut agar mampu bersaing dengan produk yang sejenis.

References

Kotler, P., & Keller, K. L. 2011. Manajemen Pemasaran (Jilid 2, Edisi 12). Jakarta: Erlangga.
Abi Pratiwa Siregar, dkk. Upaya Pengembangan Industri Batik di Indonesia. Dinamika kerajinan dan Batik : majalah ilmiah 37, No. 1 (Juni 2020)
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Bndung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Fandy, Tjiptono. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia. Malang.
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Malang: UB Press.
Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Sondang, P Siagian. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Fandy Tjiptono. 2011. Pemasaran Jasa.Yogyakarta: Banyumedia
David, Fred R dan Forest R.David. 2016. Manajemen Strategi: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing-Konsep. Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Rangkuti, Freddy.2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
David, Fred R. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nisak, Zuhrotun. 2013. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekbis Vol 9 No 2.
B,Swasta Dharmesta dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Supriyadi, dkk. 2018. Anlytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Penentuan Daya Saing Bordir. Yogyakarta: Grub Penerbitan CV Budi Utama.
Nilasari, Senja. 2014. Manajemen Strategi Itu Gampang. Jakarta: Dunia Cerdas
Kotler, Philip,dan Keller,K.L. 2011. Manajeman pemasaran. edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga
Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. 2015. Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kampung Batik Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 137–146. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/8227
Wibowo,dkk (2015). Pendidikan Karakter berbasis kearifan lokal disekolah (konsep,strategi, dan implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Published
2021-09-30
How to Cite
YONALDI, sepris. Strategi Daya Saing Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Batik Tanah Liek Pusako Mande). Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 3, sep. 2021. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/715>. Date accessed: 04 may 2024.