Pengaruh Perceived Risk dan Customer Experience terhadap Purchase Intention pada Aplikasi Lazada di Kota Padang

  • Hesti Mayasari Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perceived risk dan customer experience terhdap purchase intention pada apliksi lazada di kota Padang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purpisive sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden, metode pengumpulan data dengan penyebaran angket (kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Dari hasil uji regresi linear berganda adalah Y = 7,581 + 0,287 X1 + 0,484 X2 + e. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan didapatkan bahwa perceived risk (X1) dan customer experience (X2) berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada aplikasi Lazada di kota Padang. Hasil uji F terbukti bahwa perceived risk dan customer experience secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada apliksi Lazadaa di Kota Padang dan nilai koefisien determinasi sebesar 76,1%, sedangkan sisanya 23,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini .

References

Abdullah, Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada.
Afiah, Nur. 2018. “Pengaruh Keamanan, Reputasi dan Pengalaman terhadap Trust Pengguna Internet untuk Bertransaksi secara Online”. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol.1 No.2 (58-65).
Aribowo, Dwi P. J, Nugroho. M. A. 2013. “Pengaruh Trust Dan Perceived Of Risk Terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce”. Jurnal Nominal. Vol.2 No. 1 (11-35).
Ayuningrum, Shinta, Idris. 2016. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Sebelumnya, Kepercayaan Konsumen dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Dalam Transaksi Belanja Online (Studi pada Produk Fashion di Area Semarang)”. Journal Of Management. Volume 5, Nomor 2, Tahun (1-10).
Chaebar, Haris. 2019. https://www.tribunnewswiki.com/2019/11/11/lazada-group. Diakses pada 01 Januari 2021 pukul 11.47.WIB
Dabrynin, Hleb, Zhang, Jing. 2019. “The Investigation of the Online Customer Experience and Perceived Risk on Purchase Intention in China”. Journal of Marketing Development and Competitiveness.Vol. 13(2) 2019.
Dameledo, Yandri Danie. 2019. “Harbolnas 12.12: Antusiasme Belanja Masyarakat Indonesia Naik 682%. https://tirto.id/em77. Diakses pada 15 September 2020.
Data Peta Google 2021. Diakses pada 23 Januari 2021
Dianita, Dessy Irma, Arifin, Zainul. 2018. “Pengaruh Brand Ekstensi Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Iphone Di Kota Malang (Survei Pada Pengunjung
Outlet OPPO Smartphone Di Mall Plaza Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol. 64 No.1 (142).
Fihartini, Yuniarti, Ramelan Mudji R. 2019. “Dimensi Persepsi Resiko Pada Perilaku Belanja Online Konsumen”. Forum Manajemen Indonesia. ISSN: 1412-3126 (1-15).
Haekal, Azwal, dan Widjajanta, Bambang 2016. “Pengaruh Kepercayaan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Membeli Secara Online pada Pengunjung Website
Classifieds di Indonesia”. Journal of Business Management and Enterpreneurship Education, Vol.1, No.1, April.
Handayani, Naniek Utami, Aprilia Zalika. 2015. “Pengaruh Customer Experience Terhadap Purchase Intention Pada Kfc Semarang”. ISSN: 2337 – 4349. (557-563).
Harsono, Danny dkk., 2015. “Analisa Pengaruh Pengalaman Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen di Hotel Yello Jemusari Surabaya”. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol. 3 No. 2. (222-238)
Hastanti, Rulia P, dkk. 2015. “Sistem Penjualan Berbasis Web (E-Commerce) Pada Tata Distro Kabupaten Pacitan”. Jurnal Binglala Informatika”. Vol. 3 No.2 (1-9).
Published
2021-09-30
How to Cite
MAYASARI, Hesti. Pengaruh Perceived Risk dan Customer Experience terhadap Purchase Intention pada Aplikasi Lazada di Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 12, n. 3, sep. 2021. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/745>. Date accessed: 02 mar. 2024.