Inovasi Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kuliner UMK Kota Padang

  • Sepris Yonaldi Universitas Tamaniswa Padang
  • Mutia Yunita Fitri Universitas Tamaniswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamaniswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk, orientasi kewirausahaan dan karakteristik entrepreneur terhadap keunggulan bersaing pada industri makanan dan minuman skala mikro dan kecil di kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis regresi linear berganda ditemukan bahwa Y = 0,223 + 0,243X1 + 0,589X2 + 0,207X3 + e. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial pada variabel inovasi produk, orientasi kewirausahaan dan karakteristik entrepreneur berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada industri makanan dan minuman skala mikro dan kecil di kota Padang. Berdasarkan hasil uji secara simultan diketahui variabel inovasi produk, orientasi kewirausahaan dan karakteristik entrepreneur berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada industri makanan dan minuman skala mikro dan kecil di kota Padang, sementara hasil koefisien determinasi didapatkan Adjudted R Square sebesar 71,3%.

References

Darmanto dan Sri Wardaya. (2016). Manajemen Pemasaran untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish.
Dhewanto, W. (2015). Manajemen Inovasi untuk usaha mikro, kecil dan menengah. Edisi Pertama). Bandung: CV Alfabeta.
Hajar, S., & Sukaatmadja, I. P. G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(10), 6580-6609.
Hidayat, W. W. (2020). Pengantar Kewirausahaan Teori dan AplikasiI. Banyumas: CV. Pena Persada.
Ikhsan, Wahyu Muhammad. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Industri Keramik Kiara Condong Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Irena S, Florencia (2016) Orientasi Kewirausahaan Pada Pengusaha Virgin Cake & Bakery, Tlogosari Semarang. (Skripsi lainnya, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata).

Marlina. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Kreativitas Pelaku Usaha Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM (Studi pada UMKM di Kota Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sulistyawati, A. I., Indarto, I., & Saifudin, S. (2018). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing pada UMKM Handycraft di Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 1).

Yonaldi, S. (2018). Kewirausahaan Menumbuhkembangkan UMKM di Era Digital. Padang, Sumatera Barat, Indonesia: PT. Brain Insight Indonesia [BRIGHT].
Published
2022-09-21
How to Cite
YONALDI, Sepris; FITRI, Mutia Yunita; CANDRA, Yuni. Inovasi Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kuliner UMK Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 13, n. 3, sep. 2022. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/810>. Date accessed: 07 dec. 2022.