Penguatan Rencana Bisnis Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Kanagarian Alahan Panjang
Abstract
Perencanaan bisnis merupakan hal yang penting dimiliki oleh BUMNag Alahan Panjang. Gagasan BUMNag Alahan Panjang untuk bersinergi bersama masyarakat dalam hal memenuhi kebutuhan masyarakat, mengelola aset nagari, pengelolaan secara mandiri dan meningkatkan potensi ekonomi Alahan Panjang. Identifikasi masalah BUMNag Alahan Panjang adalah belum memiliki perencanaan pengembangan bisnis, belum menentukan bentuk bisnis yang akan dijalankan, bagaimana kelembagaan BUMNag Alahan Panjang dan implementasi digitasilasi. Adapun solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah menentukan rencana pengambangan bisnis dan bentuk bisnis yang akan dijalankan, menentukan kelembagaan, serta memformulasikan bentuk digitalisasi yang tepat digunakan. Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan berdasarkan metode ceramah, metode FGD, metode diskusi dan metode konsultasi bisnis. Luaran dari kegiatan ini adalah terentuknya kerjasama antara pengelola BUMNag dengan Jurusan Manajemen, identifikasi masalah, dan menentukan gambaran perencanaan pengembangan BUMNag Alahan Panjang.
References
Purchase Intensity (Survey Coffee Shop Visitors in Padang City). Primanomics?: Jurnal
Ekonomi & Bisnis, 18(2), 16. https://doi.org/10.31253/pe.v18i2.348
Amirya, M. (2021). PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM
MENDUKUNG KEMANDIRIAN EKONOMI DESA. Retrieved from
https://www.iaijawatimur.or.id/course/interest/detail/21
Games, D., Agriqisthi, & Sari, D. K. (2020). Earthquakes, fear of failure, and wellbeing: An insight
from Minangkabau entrepreneurship. International Journal of Disaster Risk Reduction,
51(July), 101815. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101815
Kementerian Keuangan. (2020). MENGGALI POTENSI BUMNAG DALAM RANGKA
MENINGKATKAN AKSES, PARTISIPASI, KONTROL, DAN MANFAAT BAGI
NAGARI. Retrieved from https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/padang/id/data-publikasi/beritaterbaru/2879-menggali-potensi-bumnag-dalam-rangka-meningkatkan-akses,-partisipasi,-
kontrol,-dan-manfaat-bagi-nagari.html
Laužikas, M., & Mokšeckien?, R. (2014). The Development of Creative Industries: The Case of
Lithuanian Fashion Design Companies. Societal Studies, 6(1), 34–66.
https://doi.org/10.13165/sms-14-6-1-03
Lita, R. P., Meuthia, M., & Faisal, R. F. (2018). Model Keterkaitan Market Orientation, Leadership,
Organizational Innovation dan Organizational Performance pada Industri Kerajinan di
Sumatera Barat. Jurnal Siasat Bisnis, 22(1), 38–61.
https://doi.org/10.20885/jsb.vol22.iss1.art3
Website:
https://sumatra.bisnis.com/read/20210922/534/1445726/ekonomi-sumbar-mulaimembaik-ini-sektor-penopangnya
https://peraturan.go.id/common/dokumen/ln/2014/uu6-2014bt.pdf
Click for JMK's Copyright and License Statement