Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Objek Wisata Syariah di Sumatera Barat
Abstract
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan ke objek wisata syariah di Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptifdengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 100 responden, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Dari uji t yang dilakukan didapatkan dua variabel berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan pada objek wisata syariah Sumatera Barat yaitu variabel pelayanan (X2), kepuasan (X3) dan terdapat satu variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke objek wisata syariah Sumatera Barat yaitu promosi (X1). Dari hasil uji F terbukti bahwa variabel promosi (X1), pelayanan (X2), dan kepuasan (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke objek wisata syariah Sumatera Barat.Hasil koefisien determinasi didapatkan 65,1%, sedangkan sisanya 34,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti kondisi ekonomi dan prilaku konsumen diantaranya pribadi, sosial, dan budaya.
References
Hasan, Iqbal. (2010). Pokok-Pokok Materi Statistik 2. Jakarta:Bumi Aksara
Kotler, Gary Amstrong. (2013). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jilid 3. Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2009).Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2009).Manajemen Pemasaran. Edisi 12 jilid I . Jakarta:Indeks
Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran Indonesia. Jakarta:Indeks.
Saputra, Riyan. (2015). FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Objek Wisata Museum Adityawarman Di Kota Padang.
Sekaran, Umar. (2006) Research Methods For Business Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4, Salemba Empat:Jakarta
Sofyan, BSEE, MBA Riyanto. (2012). Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Republika.
Sugiarti, Ariqa Nurwila. (2015). Strategi Pengembangan Pariwisata Syariah Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Domestik Dan Mancanegara Di Kota Bandung .
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumbarprov. (2016, 06 10). Sumbarprov. Dipetik 11 12, 2016, dari Sumbarprov.go.id: http://www.sumbarprov.go.id/details/ news/9288
Tjiptono. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Click for JMK's Copyright and License Statement