Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Objek Wisata Syariah di Sumatera Barat

  • Nuryenti Lisma Universitas Tamansiswa Padang
  • Sepris Yonaldi Universitas Tamansiswa Padang
  • Liza Zulbahri Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk    mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan wisatawan ke objek wisata syariah di Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptifdengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 100 responden, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Dari uji t yang dilakukan didapatkan dua variabel berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan pada objek wisata syariah Sumatera Barat yaitu variabel pelayanan (X2), kepuasan (X3) dan terdapat satu variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke objek wisata syariah Sumatera Barat yaitu promosi (X1). Dari hasil uji F terbukti bahwa variabel promosi (X1), pelayanan (X2), dan kepuasan (X3) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke objek wisata syariah Sumatera Barat.Hasil koefisien determinasi didapatkan 65,1%, sedangkan sisanya 34,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti kondisi ekonomi dan prilaku konsumen diantaranya pribadi, sosial, dan budaya.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, Iqbal. (2010). Pokok-Pokok Materi Statistik 2. Jakarta:Bumi Aksara

Kotler, Gary Amstrong. (2013). Prinsip- Prinsip Pemasaran. Jilid 3. Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2009).Manajemen Pemasaran. Edisi 13 jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2009).Manajemen Pemasaran. Edisi 12 jilid I . Jakarta:Indeks

Kotler, Philip. (2010). Manajemen Pemasaran Indonesia. Jakarta:Indeks.

Saputra, Riyan. (2015). FaktorFaktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Objek Wisata Museum Adityawarman Di Kota Padang.

Sekaran, Umar. (2006) Research Methods For Business Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4, Salemba Empat:Jakarta

Sofyan, BSEE, MBA Riyanto. (2012). Prospek Bisnis Pariwisata Syariah. Jakarta: Republika.

Sugiarti, Ariqa Nurwila. (2015). Strategi Pengembangan Pariwisata Syariah Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Muslim Domestik Dan Mancanegara Di Kota Bandung .

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumbarprov. (2016, 06 10). Sumbarprov. Dipetik 11 12, 2016, dari Sumbarprov.go.id: http://www.sumbarprov.go.id/details/ news/9288

Tjiptono. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Published
2017-01-18
How to Cite
LISMA, Nuryenti; YONALDI, Sepris; ZULBAHRI, Liza. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan ke Objek Wisata Syariah di Sumatera Barat. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 38-52, jan. 2017. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/82>. Date accessed: 03 july 2024.