Pengaruh Integrated Marketing Communication terhadap Keputusan Pembelian Jasa pada PT. Ero Prima Wisata

  • Mayang Larasati Universitas Tamansiswa Padang
  • Hesti Mayasari Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Brilliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh integrated marketing communication terhadap keputusan pembelian jasa pada PT. Ero Prima Wisata. Jumlah sampel penelitian yang digunakan adalah 100 orang konsumen yang membeli jasa pada PT. Ero Prima Wisata. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari statistik deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi. Analisis regresi linier berganda menghasilkan bentuk model persamaan regresi linier berganda Y = 0,702 + 0,157 X1 + 0,104 X2 + 0,094 X3 + 0,183 X4 + 0,147 X5 + 0,233 X6 + e. Uji t yang dilakukan menghasilkan iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung dan pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan personal secara satu per satu berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa. Uji F menghasilkan iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung dan pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut dan penjualan personal secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa karena F hitung 33,443 > F tabel 2,20 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

References

Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.2014. Profile dan Statistik Kepariwisataan Sumatera Barat.
Henry Petrus Nainggolan. 2008. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Tingkat Kedatangan Pengguna Kartu Prabayar Mentari Pada Galery PT. Indosat, Tbk Medan. http://eprints.dinus.ac.id
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, Christoper; Wirtz, Jochen; Mussry, Jacky. 2013. Pemasaran Jasa: Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nirmala, Caecilia Leonita dan Mahmud. 2015. Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mazda (Studi Pada PT Automobil Jaya Abadi Semarang). http://eprints.dinus.ac.id
Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Rangkuti, Freddy. 2011. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Sarwono, Jonathan. 2009. Panduan Lengkap Untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Schiffman Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. 2009. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Siregar, Achiruddin. 2007. Pengaruh Bauran Promosi Pemasaran Terhadap Keputuan Mahasiswa Memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) ITMI Medan. http://repository.usu.ac.id
Sudjana. 2004. Metode Statistika. Edisi Kedua. Jakarta: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: CV. Alfabeta.
Sulaiman, Wahid. 2004. Statistik Non-Parametrik, Contoh Kasus dan Pemecahannya dengan SPSS. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuisioner dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Cetakan Kedua. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Published
2015-01-12
How to Cite
LARASATI, Mayang; MAYASARI, Hesti; ALBAR, Berri Brilliant. Pengaruh Integrated Marketing Communication terhadap Keputusan Pembelian Jasa pada PT. Ero Prima Wisata. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 45-59, jan. 2015. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/85>. Date accessed: 06 may 2024.