Fasilitas Wisata dan Nilai Keuntungan terhadap Kunjungan Ulang Wisatawan Konservasi Penangkaran Penyu Pantai Ampalu Kota Pariaman

  • Nada Zahra Universitas Tamaniswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamaniswa Padang
  • Ramadhania Ramadhania Universitas Tamaniswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas wisata dan nilai keuntungan terhadap kunjungan ulang konservasi penangkaran penyu pantai Ampalu Kota Pariaman. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah insidental sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang responden. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan observasi, angket (kuesioner), dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis regresi linear berganda, variabel Fasilitas wisata dan Nilai Keuntungan terhadap Kunjungan Ulang konservasi penangkaran penyu pantai Ampalu Kota Pariaman didapatkan hasil Y = 7,871 + 0,361X1 + 0,159X2 + e. Hasil uji t didapatkan bahwa variabel Fasilitas Wisata (X1) dan Nilai Keuntungan (X2) berpengaruh signifikan terhadap kunjungan ulang konservasi penangkaran penyu pantai Ampalu Kota Pariaman. Hasil uji F terbukti bahwa variabel Fasilitas Wisata dan Nilai Keuntungan secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap Kunjungan Ulang konservasi penangkaran penyu pantai Ampalu Kota Pariaman dan nilai koefisien determinasi sebesar 33,3%, sedangkan sisanya 66,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Al-ababneh, Mukhles. 2013. Service Quality and its Impact on Tourist Satisfaction. Interdiciplunary Journal of Contemporary Research In Business. Vol. 4. No 12. April 2013.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Candra, Yuni.et al (2018). “ Pengaruh Perceived Value dan Fasilitas terhadap Repurchase Intention Wisatawan di Objek Wisata Gunung Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Volume 9 no 3. September 2018:75-87

Candra, Yuni et al (2019). Analisis Faktor Revisi Intention Wisnus Di Jembatan Akar Kabuapaten Pesisir Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Volume 10 No. 2 Mei 2019:8-15

Cho, Y. N., & Rutherford, N. B. (2011). Customers’ Relationship with the Service Firm and Its Sales Personnel: Does Gender Matter? Journal of Marketing Theory and Practice, 325–336.
Faradisa Isti, H Leonardo Budi, Minarsih Maria M. (2016), “Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Café)”. Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management. Edisi 15, Global Edition United Kingdom: Pcarson Education.

Kotler, Philip. (2012). “Manajemen pemasaran”. Jilid II. Edisi kesebelas. Alih bahasa benyamin molan. Jakarta: indeks.

Moha Sartika, Loindong Sjendry. (2016). “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado”. Jurnal EMBA Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 575-584.

Setianingrum, Ari, Udaya Jusuf, Efendi. (2015). “Prinsip-Prinsip Pemasaran”. Yogyakarta: Andi Offset.

Siry, Maharany Jana. (2015). “Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Tata Rias Pengantin Tunjung Seto Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Mediasi”. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol. 15. Now. 1 Maret 2015: 64 – 72.

Stevianus. (2014). “Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta”. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol !9. No. 3.

Sugiyono. (2012). Maetode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: CV Alfabeta.

Suryadana, M, Liga Vanny Octavia. (2015). Pengantar Pariwisata. Bandung: Alfabeta.

Suseno Y. Djoko. (2015), “Pengaruh Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Dengan Word Of Mouth Positif Sebagai Variabel Moderasi”. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 15 Edisi Khusus April 2015: 159– 166.

Widiyanto. (2015). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Kunjungan Ulang Wisatawan. Jogjakarta.
Published
2023-01-05
How to Cite
ZAHRA, Nada; CANDRA, Yuni; RAMADHANIA, Ramadhania. Fasilitas Wisata dan Nilai Keuntungan terhadap Kunjungan Ulang Wisatawan Konservasi Penangkaran Penyu Pantai Ampalu Kota Pariaman. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 1, jan. 2023. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/853>. Date accessed: 21 apr. 2024.