Kajian Perkembangan UMKM Di Kota Padang

  • Sari Surya Universitas Andalas Padang
  • Arif Habib Triherzaki Universitas Andalas Padang

Abstract

Ditengah kuatnya persaingan bisnis pada tingkatan UMKM yang mampu mempengaruhi ekonomi daerah terutama kota Padang dari tahun ke tahun. Ini juga membuktikan bahwa UMKM mampu bertahan di tengah krisis ekonomi. UMKM juga terbukti menyerap tenaga kerja yang lebih besar dalam perekonomian nasional. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran karakteristik UMKM di Kota Padang dan mengetahui arah pengembangan UMKM di Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Survei dilakukan pada UMKM di Kota Padang. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 115 UMKM di Kota Padang yang ditentukan dengan metode simple random  sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakterisik dan arah pengembangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha UMKM di Kota Padang.

References

Adomako, S., Danso, A., Damoah, J. O. (2015). The moderating influence of financial literacy on the relationship between access to finance and firm growth in Ghana. Venture Capital.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. (2020). provinsi Sumatera Barat dalam angka 2020. Badan Pusat Statistik Sumatera Barat.

Bank Indonesia. (2020). Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi. Bank Indonesia.

Dhamayantie, E., Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik Dan Kompetensi Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 11, No. 1.

Harsono, B. (2014). Tiap Orang Bisa Menjadi Pengusaha Sukses Melalui UMKM. Jakarta: Gramedia.

Hati, S. W., Irawati, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja.

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). International Journal of Science and Engineering Invention The Influence of Market Orientation and Product Innovation on the Competitive Advantage and Its Implication toward Small and Medium Enterprises (UKM) Performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 8–21.

Iskandara, Y., Zulbainarni, N., Jahroh, S. (2020). Pengaruh Karakteristik Usaha dan Wirausaha Terhadap Kinerja UMKM Industri Pengolahan Perikanan di Kabupaten Sukabumi. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen) Vol 4 No 1

Natasya, V., Hardiningsih, P. (2021). Kebijakan Pemerintah Sebagai Solusi Meningkatkan Pengembangan UMKM di Masa Pandemi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 141-148.

Pakpahan, Aknolt, K. (2020). COVID-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Paramita, C. (2015). Pengaruh Kompetensi Individu, Orientasi Kewirausahaan dan Pesaing dalam Mencapai Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Produk Studi pada UKM Furnitur di Kota Semarang. In DeReMa (Development Research of Management) Jurnal Manajemen Vol.10, 124-137.

Prasetyo, Anton, Huda, Miftahul. (2019). Analisis Peranan Usaha Kecil Dan Menengah Terhadap Penyerahan Tenaga Kera Di Kabupaten Kebumen. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi Vol 18 No.1, 26-35.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Published
2023-01-05
How to Cite
SURYA, Sari; TRIHERZAKI, Arif Habib. Kajian Perkembangan UMKM Di Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 14, n. 1, jan. 2023. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/858>. Date accessed: 02 may 2024.