Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat

  • Dicky Saputra Universitas Tamansiswa Padang
  • Nurlina Nurlina Universitas Tamansiswa Padang
  • Lenny Hasan Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh reward (penghargaan) dan punishment (sanksi) secara parsial dan simultan terhadap produktivitas k aryawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif  deskriptif.  Teknik  pengambilan  sampel  yang  digunakan  adalah  total   sampling sehingga dari seluruh populasi tersebut digunakan dalam penelitian ini sebanyak 76 responden, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, angket, keperpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefesien deteminasi. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, variabel reward (penghargaan) dan punishment (sanksi) berpengaruh terhadap produktivitas karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat didapatkan Y = 32,468 + 2,176 X1  + 3,227 X2   + e. Dari uji t yang dilakukan didapatkan variabel reward (penghargaan) berpengaruh signifikan dan positif terhadap produktivitas k aryawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional  II Sumatera  Barat  dengan  thitung  > t tabel   (6,160  >  1,666)   dan variabel  punishment (sanksi) dengan thitung  > ttabel  (4,769 > 1,666). Dari hasil uji F terbukti bahwa variabel reward (penghargaan)  dan  punishment (sanksi)  secara  bersamaan  berpengaruh  signifikan  dan  positif terhadap produktivitas k aryawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat, hal ini dapat di buktikan dengan F hitung  > F tabel  yaitu   21,208 > 3.12. Sementara hasil koefisien determinasi didapatkan kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebesar 35% dan sisanya 65% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti promosi jabatan

References

Ghozali, Imam. 2005. Apilkasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Diponegoro. Semarang.

Hasibuan, Malayu S P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Kadarisman. 2012. Manajemen Kompensasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Koencoro, Galih Dwi. 2013. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja. Skripsi. Universitas Brawijaya. Mathis and Jackson. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Bambang. 2006. Reward dan Punishment. Bulletin cipta karya, departemen pekerjaan umum edisi no 6/IV/ juni 2006. Persada.

Purwanto, M. Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rivai, Veithzal. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta :PT. Raja Grafindo Persada.

Schultz, Duane P. 2007. Theory of Personality (8 ed). United States Of Amarika: Thomson Wadsword.

Siagian, Sondang P. 2008. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Simanjuntak, Payaman J. 2008. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: LPFEUI

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisno. Edy. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Kencana Prenada Jakararta: Media Group.
Published
2017-01-18
How to Cite
SAPUTRA, Dicky; NURLINA, Nurlina; HASAN, Lenny. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 53-66, jan. 2017. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/87>. Date accessed: 28 apr. 2024.