PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP BUYING DECISION PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA (STUDI KASUS PELANGGAN TOKOPEDIA KOTA PADANG)

  • Diana Novita Universitas Tamansiswa Padang
  • Yuliarni Putri Universitas Tamansiswa Padang
  • Chairun Amallia Universitas Tamansiswa Padang
  • Trio Candra Yoga Universitas Tamansiswa Padang
  • Fitria Ridhaningsih Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand ambassador dan brand image secara parsial dan secara simultan terhadap buying decision pada e-commerce Tokopedia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, metode pengumpulan data adalah menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear berganda, Uji t, Uji f, dan Koefisien Determinasi. Dari hasil regresi linear diperoleh persamaan Y = 18,890 + 0,443X1 + 0,836X2 +e. Hasil Uji t ditemukan bahwa brand ambassasor (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying decision pada e-commerce Tokopedia dan brand image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap buying decision. Hasil uji Koefisien Determinasi sebesar 51,1% sedangkan sisanya 48,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2024-08-22
How to Cite
NOVITA, Diana et al. PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP BUYING DECISION PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA (STUDI KASUS PELANGGAN TOKOPEDIA KOTA PADANG). JUMARI: JURNAL MANAJEMEN RETAIL, [S.l.], v. 1, n. 1, aug. 2024. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/JRP/article/view/1068>. Date accessed: 04 oct. 2024.