STUDI TINGKAT BAHAYA LONGSOR DI KECAMATAN KOTO PARIK GADANG DIATEH KABUPATEN SOLOK SELATAN

Main Article Content

Nina Ismayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai karakteristik lahan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan, tingkat bahaya longsor di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan dan sebaran spasial tingkat bahaya longsor di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode survey, sumber dataa dalah data primer yang diperoleh secara langsung di lapangan dan di laboratorium, sedangkan data sekunder merupakan sumber acuan dan analisis yang diperoleh dari perpustakaan. Teknik penelitian ini yaitu dengan memakai teknik stratified random. Hasil penelitian menjelaskan bahwa : karakteristik lahan didaerah penelitian ada 7  satuan lahan, tingkat bahaya longsor yaitu: (1) tingkat bahaya longsor rendah. (2) tingkat bahaya longsor sedang. (3) tingkat  bahaya longsor tinggi.


 

Article Details

How to Cite
ISMAYANI, Nina. STUDI TINGKAT BAHAYA LONGSOR DI KECAMATAN KOTO PARIK GADANG DIATEH KABUPATEN SOLOK SELATAN. Jurnal Azimut, [S.l.], v. 1, n. I, p. 10-18, dec. 2018. ISSN 2656-5226. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/azimut/article/view/316>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jaz.v1iI.316.
Section
Articles

References

Arikunto. Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pustaka Amani.

Hardjowigeno, Sarwono. (2003). Klasifikasi Tanah dan Pedagogis. Jakarta: Akademika Pressindo.

Hardiyatmo, Hary Christady. (2010). Mekanika Tanah 2. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hermon dan Khairani. (2009). Geografi Tanah Suatu Tujuan Teoritis, Metodologis, dan Aplikasi Proposal Penelitian. Padang. Yayasan Jihadul Khair Center.

Hermon, D., dkk. 2008. Metode dan Teknik Penelitian Geografi Tanah Aplikasi Instrument dan Acuan Penelitian Geografi Fisik. Padang. Yayasan Jihadul Khair Center.

Hermon, Dedi. (2012). Mitigasi Bencana Hidrometeorologi Banjir, Longsor, Ekoligi, Degradasi Lahan, Putting Beliung, Kekeringan. Padang. UNP Press.

_____(2009). Dinamika Permukiman dan Arahan Kebijakan Pengembangan Permukiman Pada Kawasan Rawan Longsor di Kota Padang Sumatera Barat. Disertasi. Institit Pertanian Bogor. Bogor.

Hermon dan Triyatno. (2005). Analisis Spasial Bahaya dan Resiko Longsor Lahan di Gunung Padang Sumetera Barat. FIS. UNP. Padang.

Indarto. (2010). Hidrologi Dasar Teori dan Contoh Aplikasi Model Hidrologi. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Juita, Erna. (2012). Kajian Pemanfaatan Lahan Untuk Permukiman Berdasarkan Tingkat Bahaya Longsor dan Penangulangannya di Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Tesis. Universitas Negeri Padang. Padang.

Marlina, Wira. (2010). Studi Tingkat Bahaya dan Resiko Longsor Berbasia GIS di Kawasan Merapi Bagian Timur Kabupaten Tanah Datar. Skripsi. Universitas Negeri Padang. Padang.

Noor, Djauhari. (2006). Geologi Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prahasta, Eddy. (2005). Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika Bandung.

Rudiyanto. (2010). Analisis Potensi Bahaya Tanah Longsor Menggunakan Sistem Informasi Geografi (SIG) di Kecamatan Selo Kabupaten Bayolali. Skripsi. Universitas Muhammadiayah Surakarta. Surakarta.