PENCEGAHAN LONGSOR MELALUI KONSERVASI LAHAN DI KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN KARO

Main Article Content

Nina Ismayani Hary Febrianto

Abstract

Penelitian ini mendiskripsikan tentang pencegahan tanah longsor di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, konservasi lahan di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo. Penelitian yang akan dilakukan termasuk kategori penelitian deskriptif dengan metode yang digunakan adalah metode survei. sumber data adalah data primer yang dikumpulkan langsung di lapangan dan data sekunder adalah sumber referensi dan analisis yang diperoleh dari perpustakaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: Pencegahan Longsor dapat dilakukan dengan (1) Jangan menebang atau merusak hutan, (2) Melakukan penanaman tanaman berakar, seperti Mimba, (3) Menanam tanaman bambu, akar wangi, leucaena, dll., pada lereng yang botak (4) Buat saluran air hujan, (5) Membangun dinding penahan di lereng curam (6) Periksa keadaan tanah secara berkala, (7) Mengukur tingkat kederasan hujan. Konservasi lahan adalah penggunaan lahan sesuai dengan kegunaan dan daya, setelah memanfaatkannnya kita harus menjaga dan mempertahankan produktivitas. Pada dasarnya upaya konservasi tanah harus dilakukan melalui, (a) mengurangi jumlah perusak energi, (b) menambah daya tahan tanah agregat untuk meniup dan menghujani air dan menggores lapisan permukaan, (c) meningkatkan perlindungan.

Article Details

How to Cite
ISMAYANI, Nina; FEBRIANTO, Hary. PENCEGAHAN LONGSOR MELALUI KONSERVASI LAHAN DI KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN KARO. Jurnal Azimut, [S.l.], v. 3, n. SMAR, p. 9-14, feb. 2020. ISSN 2656-5226. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/azimut/article/view/628>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jaz.v3iSMAR.628.
Section
Articles

References

Arikunto. Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pustaka Amani.
Hermon dan Khairani. 2009. Geografi Tanah Suatu Tujuan Teoritis, Metodologis, dan Aplikasi Proposal Penelitian. Padang. Yayasan Jihadul Khair Center.
Hermon, D., dkk. 2008. Metode dan Teknik Penelitian Geografi Tanah Aplikasi Instrument dan Acuan Penelitian Geografi Fisik. Padang. Yayasan Jihadul Khair Center.
Hermon, Dedi. 2012. Mitigasi Bencana Hidrometeorologi Banjir, Longsor, Ekoligi, Degradasi Lahan, Putting Beliung, Kekeringan. Padang. UNP Press.
Noor, Djauhari. 2006. Geologi Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
http://cybex.deptan.go.id/penyuluhan/pencegahan-longsor-melalui-konservasi-lahan-dan-rekayasa-sosial. Diakses 14 september 2014.
http://greenspiritblog.blogspot.com/2012/04/upaya-konservasi-di-kawasan-lahan.html. Diakses 14 september 2014.
http://kalicisadane.blogspot.com/2014/02/upaya-pencegahan-bencana-banjir-dan.html. diakses 14 september 2014. Diakses 14 september 2014.