Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika: Rumah Gadang Minangkabau pada Materi Teorema Pythagoras
Main Article Content
Abstract
Matematika merupakan teknologi simbolis yang tumbuh pada keterampilan atau aktivitas lingkungan yang bersifat budaya. Tanpa disadari masyarakat telah melakukan berbagai aktivitas dengan meggunakan konsep dasar matematika dan ide-ide matematis. Pemahaman konsep matematika dengan pendekatan realistik melalui aktvitas nyata dengan unsur budaya sangat dibutuhkan oleh siswa SMP khususnya dalam materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa SMP terhadap persoalan penggunaan Teorema Pythagoras dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik (PMR) bernuansa etnomatematika sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran biasa (PB). Instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis yang dianalisis dengan uji statistik t-test. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika pada materi Teorema Pythagoras lebih baik dari pembelajaran biasa (PB)
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Jurnal Azimut Editorial Board and the decision to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Azimut.
Geography Department, Universitas Tamansiswa Padang as the publisher of Jurnal Azimut hold the copyright regarding all the published articles in this journal.
Geography Department, Universitas Tamansiswa Padang has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
References
Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. February, 44–48.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Karnilah, N., Juandi, D., & Turmudi. (2013). Study Ethnomathematics: Pengungkapan Sistem Bilangan Masyarakat Adat Baduy. Jurnal Online Matematika Kontemporer, 01(01).
Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Fibonacci: Jurnal Pendidkan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58–71.
Rosa, M., & Clark, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.
Sirate, S. F. S. (2015). Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran Matematika : suatu telaah etnomatematika. Auladuna, 2(2), 246–263.
Uraian Tentang Atap Dan Deskripsi Rumah-Rumah Adat Seluruh Indonesia. (2014). http://rakaraperz.blogspot.co.id/2014 /08/Uraian-tentang-atap-dandeskripsi-rumah-rumah-adat-seluruhindonesia.html
Yosaadi. (2011). Rumah Gadang dan Maknanya. http://yosaadi.blogspot.com/2011/03/rumah-gadang-dan-maknanya.html
Zainurie. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (RME). http://zainurie.wordpress.com/2007/04/13/pembelajaran-matematika-realistik-rme/