Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika: Rumah Gadang Minangkabau pada Materi Teorema Pythagoras

Main Article Content

Yulia Rahmawati Z

Abstract

Matematika merupakan teknologi simbolis yang tumbuh pada keterampilan atau aktivitas lingkungan yang bersifat budaya. Tanpa disadari masyarakat telah melakukan berbagai aktivitas dengan meggunakan konsep dasar matematika dan ide-ide matematis. Pemahaman konsep matematika dengan pendekatan realistik melalui aktvitas nyata dengan unsur budaya sangat dibutuhkan oleh siswa SMP khususnya dalam materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa SMP terhadap persoalan penggunaan Teorema Pythagoras dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik (PMR) bernuansa etnomatematika sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran biasa (PB). Instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis yang dianalisis dengan uji statistik t-test. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika pada materi Teorema Pythagoras lebih baik dari pembelajaran biasa (PB)

Article Details

How to Cite
Z, Yulia Rahmawati. Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Etnomatematika: Rumah Gadang Minangkabau pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Azimut, [S.l.], v. 3, n. SMAR, p. 22-29, feb. 2020. ISSN 2656-5226. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/azimut/article/view/636>. Date accessed: 04 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/jaz.v3iSMAR.636.
Section
Articles

References

Abdullah, M., Antariksa, & Suryasari, N. (2015). Pola Ruang Dalam Bangunan Rumah Gadang Di Kawasan Alam Surambi Sungai Pagu – Sumatera Barat. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, 03(01).
Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. February, 44–48.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Karnilah, N., Juandi, D., & Turmudi. (2013). Study Ethnomathematics: Pengungkapan Sistem Bilangan Masyarakat Adat Baduy. Jurnal Online Matematika Kontemporer, 01(01).
Pangestu, P., & Santi, A. U. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran yang Menyenangkan pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Fibonacci: Jurnal Pendidkan Matematika Dan Matematika, 2(2), 58–71.
Rosa, M., & Clark, D. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.
Sirate, S. F. S. (2015). Menggagas Integrasi Multikultur Pembelajaran Matematika : suatu telaah etnomatematika. Auladuna, 2(2), 246–263.
Uraian Tentang Atap Dan Deskripsi Rumah-Rumah Adat Seluruh Indonesia. (2014). http://rakaraperz.blogspot.co.id/2014 /08/Uraian-tentang-atap-dandeskripsi-rumah-rumah-adat-seluruhindonesia.html
Yosaadi. (2011). Rumah Gadang dan Maknanya. http://yosaadi.blogspot.com/2011/03/rumah-gadang-dan-maknanya.html
Zainurie. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (RME). http://zainurie.wordpress.com/2007/04/13/pembelajaran-matematika-realistik-rme/