PENGARUH POC CAMPURAN LIMBAH IKAN DAN AIR CUCIAN BERAS TERHADAP PERTUMBUHAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA FASE PRE NURSERY

  • Yopa Dwi Mutia Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Permasalahan produktivitas kelapa sawit disebabkan banyaknya kelapa sawit yang sudah berumur di atas 25 tahun sehingga tanaman kelapa sawit kurang produktif. Upaya menjaga produktivitas tanaman di perkebunan kelapa sawit dilakukan dengan menyediakan bibit berkualitas. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi POC campuran limbah ikan dan air cucian beras terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Percobaan telah dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2022 di Kelurahan Ampang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat. Penelitian menggunakan rancangan acak lengkap (RAL). Perlakuan adalah konsentrasi POC campuran limbah ikan laut dan air cucian beras terdiri dari 8 konsentrasi. Perlakuan tersebut diulang 4 kali sehingga terdapat 32 satuan percobaan. Pengamatan yang dilakukan yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, diameter batang, bobot pertambahan bibit, warna daun, dan normalitas bibit. Hasil penelitian dapat disimpulan bahwa: POC campuran air limbah ikan dan air cucian tidak dapat meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery kecuali luas daun dengan konsentrasi 15%, diameter batang dengan konsentrasi 15%, dan bobot pertambahan bibit dengan konsentrasi 15%.

Published
2024-04-30
How to Cite
MUTIA, Yopa Dwi. PENGARUH POC CAMPURAN LIMBAH IKAN DAN AIR CUCIAN BERAS TERHADAP PERTUMBUHAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) PADA FASE PRE NURSERY. Jurnal Embrio, [S.l.], v. 16, n. 1, p. 34-39, apr. 2024. ISSN 2808-9766. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/embrio/article/view/1024>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.31317/embrio.v16i1.1024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.