PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays sacharata) PADA PERTANIAN ORGANIK

  • meriati meriati Universitas Ekasakti Padang

Abstract

Jagung manis banyak dikonsumsi karena memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan  jagung biasa dan umur produksinya lebih singkat. (Syukur dan Rifianto, 2014). Permintaan pasar terhadap jagung manis terus meningkat dan peluang pasar yang besar belum dapat sepenuhnya dimanfaatkan petani dan pengusaha Indonesia karena berbagai kendala. Produktifitas jagung manis didalam negeri masih rendah.Produktivitas jagung manis di Indonesia rata-rata 8,31 ton/ha sedangkan potensi hasil jagung manis dapat mencapai 14 – 18 ton/ha. Pertumbuhan dan mutu hasil jagung manis  diduga dipengaruhi oleh factor lingkungan kesuburan tanah, oleh karena itu pemupukan organik dengan sludge biogas dan budidaya tanaman secara organik farming merupakan suatu solusi makanan sehat bagi kita. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui  tingkat pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis  (Zea mays sachrata) yang dibudidayakan secara pertanian organik. Penelitian ini dilaksanakan pada kawasan pertanian organik didusun Tong Blau Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, bulan April sampai Juni 2017, Rancangan yang digunakan pada Penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), 6 perlakuan 4 kelompok. Perlakuan yang diberikan adalah beberapa takaran dari pupuk organik Sludge biogas yaitu:  A.= tanpa perlakuan ; B =  250 ml per plot;  C= 500 ml perplot, D= 750 ml per plot, E= 1000 ml per plot dan   F= 1250 ml per plot. Data hasil pengamatan  dianalisis secara statistika dengan sidik Ragam (uji F). Jika F hitung > F tabel 5 %, maka diuji dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMT) pada taraf nyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian beberapa takaran pupuk organik cair sludge biogas pada tanaman jagung manis (Zea Mays Saccharata), memberikan pengaruh tidak berbeda nyata terhadap semua parameter. Tidak berbeda nyatanya semua perlakuan pemberian sludge biogas ini diduga disebabkan oleh takaran pupuk sludge biogas belum mencapai level yang tepat untuk mendukung pertumbuhan optimal tanaman jagung manis. Pada penelitian ini pertumbuhan dan hasil tanaman masih jauh dibawah deskripsi tanaman jagung manis varietas Bonanza.

References

Hidayat, YuliAstuti, E.Harlia, dan E.T. Marlina. 2008. AnalisisKandungan N,P,Kpada Lumpur HasilKutan (sludge Biogas) yang terbuat dari Feses Sapi. Fakultas Peternakan, Universitas Padjajaran Bandung.
Jatmiko, W dan Arieyanti. D, Astuti. 2011. Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Biogas (Pemanfaatan Limbah Biogas di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo). Kantor Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Pat. http://Litbag.patikab.go.id/index.php/jurnal/138-html.

Madjasukartaat, S. 2001. Penggunaan Bahan Organik Untuk Konsentrasi Tanah. Institut Pertanian Bogor.
Muhsahnati, Syarif dan Rahayu .2006. Pengaruh Beberapa Takaran Kompos Tithonian Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman jagung Manis jagung Manis (Zea Mays Sacharata).Jurnal Jerami Volume I (2) : 87 – 91.
Musnamar, E.I, 2006. Pupuk organik Cair dan padat. Pembuatan Aplikasi (seriagriwawasa). Penebar Swadaya. Jakarta.
Palungkun, R., dan B. Asiani. 2004. Sweet Corn- Baby Corn : Peluangbisnis, pembudidayakan dan penanganan pasca panen. Penebar Swadaya. Jakarta.
Parman, Sarjana. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kentang. Buletin Anatomi dan Fisiologi Vol XV No 2, Oktober 2007. Universitas Diponegoro.
Rahmi dan Jumiati. 2003. Tanaman Jagung Manis (swett corn). Di akses di: www.usahawantani.com./Tanaman-Jagung-Manis-Sweet-Corn.
Syukur, M. Dan Rifianto, A. 2014. Jagung Manis. Penebar Swadaya. Jakarta.
Sutedjo, M. M.. 2010. Pupuk dan Cara Pemupukan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Tarsisius Parluhutan. 2009. Respon pengunaan Bokasitithonia (Tithonia versifolia) sebagai penganti ‘’N’’ pada tanaman jagung manis (Zea mays saccharata). Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti. Padang.
Published
2019-05-07
How to Cite
MERIATI, meriati. PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays sacharata) PADA PERTANIAN ORGANIK. Jurnal Embrio, [S.l.], v. 11, n. 01, p. 24-35, may 2019. ISSN 2808-9766. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/embrio/article/view/427>. Date accessed: 01 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.