PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN KAPUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA ULTISOL

  • Fatimah Fatimah Universitas Tamansiswa Padang
  • Zahanis Zahanis Universitas Tamansiswa Padang
  • Darman Darman Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan dilahan ultisol Di Kelurahan Kalumbuk, Kecamatan Kuranji Sumatera Barat dengan ketinggian tempat 10 m dpl dari bulan Januari 2019 sampai dengan bulan April 2019. Tujuan dari percobaan ini untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kandang ayam dan kapur tehadap pertumbuhan dan produksi kacang tanah.Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan dua faktor.Faktor pertama adalah pupuk kandang ayam terdiri dari 3 taraf yakni, 0 ton/ha, 5 ton/ha, dan 10 ton/ha. Faktor kedua adalah Kapur terdiri dari 3 taraf yakni, 0 ton/ha, 0,5 ton/ha, dan 1 ton/ha. Hasil percobaan menunjukkan pemberian 5 ton/ha pupuk kandang ayam berpengaruh terhadap parameter bobot 100 biji dan kapur tidakĀ  berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi kacang tanah.

Published
2020-04-30
How to Cite
FATIMAH, Fatimah; ZAHANIS, Zahanis; DARMAN, Darman. PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG AYAM DAN KAPUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) PADA ULTISOL. Jurnal Embrio, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1-16, apr. 2020. ISSN 2808-9766. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/embrio/article/view/523>. Date accessed: 16 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.