EFISIENSI PENGGUNAAN GELAS FILTER DAN KERTAS SARING PADA METODE WEENDE TERHADAP NILAI SERAT KASAR PADA RUMPUT LAPANGAN

  • Desni Asrita Universita Andalas

Abstract

Pengujian Serat Kasar adalah salah satu dari beberapa pengujian yang dilakukan di Laboratorium Nutrisi Ruminansia  oleh mahasiswa Fakultas Peternakan, mahasiswa dari luar  Fakultas Peternakan, dosen dan instansi terkait. Metode analisa yang dipakai adalah metode Weende yaitu bahan makanan yang bebas air dan lemak direbus dengan asam kuat encer, setelah itu dengan basa kuat encer, dan bahan organik yang tertinggal disaring dengan cruisible (vakum), dan dipanaskan. Hilangnya berat setelah dipanaskan itulah yang disebut dengan serat kasar. Selama ini sampel disaring memakai kertas saring whatman 41. Berbagai masalah yang timbul seperti  kehabisan  kertas saring karena pesanan terlambat datang,  harga enceran yang tinggi, kekurangan residu hasil in vitro, dan sebagainya.  Untuk mencari solusinya penulis melakukan penelitian dengan judul, “Efisiensi Penggunaan Gelas Filter dan Kertas Saring pada Metode Weende Terhadap Nilai Serat Kasar pada Rumput Lapanganâ€. Percobaan ini dilakukan dengan membandingkan hasil analisis menyaring memakai gelas filter dan kertas saring whatman 41. Tabel 1. percobaan 1a, 2a, 3a, 4a dengan penyaringan memakai gelas filter secara berturut turut didapatkan  hasil serat kasar yaitu  23,60 %; 24,01 %; 24,03 %; dan 24,06% dengan rata rata 23,92 %.  Pada percobaan 1b , 2b, 3b, 4b dengan penyaringan memakai kertas saring whatman 41, secara berturut turut didapatkan hasil serat kasar yaitu  23,55 %; 23,97 %; 24,08 %; dan 24,18% dengan rata rata 23, 94 %. Dari kedua percobaan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan yaitu berselisih 0,02 %. Gelas filter lebih effsien digunakan karena pekerjannya lebih mudah dan bisa dipakai berulang-ulang dengan biaya yang lebih murah.

References

Parakkasi, A. 1995. Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak. Indonesia Universitas Press.
Tilman, A.D; Hartartadi, H; Reksohadiprodjo, S; Prawirokusumo, S dan Lebdosoekojo, S. Ilmu Makanan Ternak Besar. Gajah Mada University Press.
Sudarmadji, S; Bambang, H dan Suhardi. 1997. Prosedur Analisa Untuk Bahan Makanan Pertanian. Liberty. Yoogyakarta.
Jamarun, N; Zain, N dan Pazla, R. 2021. Dasar Nutrisi Ruminansia Jilid 2. Andalas University Press. Padang.
Published
2022-07-29
How to Cite
ASRITA, Desni. EFISIENSI PENGGUNAAN GELAS FILTER DAN KERTAS SARING PADA METODE WEENDE TERHADAP NILAI SERAT KASAR PADA RUMPUT LAPANGAN. Jurnal Embrio, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 70-77, july 2022. ISSN 2808-9766. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/embrio/article/view/785>. Date accessed: 07 dec. 2022.