PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN ALTERNATIF KEBIJAKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI (Studi di Kabupaten Tanah Datar)

  • Yulfira Media Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat

Abstract

Beberapa program/kegiatan pemberdayaan sudah cukup banyak dilaksanakan, namun realitasnya pelaksanaan program/kegiatan tersebut belum optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan kegiatan pemberdayaan masyarakat, dan merumuskan alternatif strategi kebijakan yang mendukung keberhasilan kegiatan pemberdayaan dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam  dan Fokus Grup Diskusi (FGD). Informan penelitian adalah ketua kelompok/anggota kelompok petani dan pengelola program pemberdayaan di Kabupaten/Kecamatan/Nagari, sedangkan peserta FGD adalah ketua/anggota dari kelompok petani yang dianggap berhasil dan kurang berhasil. Data yang sudah dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan kaidah kualitatif dengan metode content analysis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor yang turut mendukung keberhasilan pemberdayaan diantaranya partisipasi dan keaktifan  kelompok dalam menyusun perencanaan kegiatan, pelaksanaan, dan pengawasan, dukungan aktif dari tenaga penyuluh/pendamping, kemampuan penyuluh dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Faktor  yang menjadi penghambat keberhasilan  kegiatan pemberdayaan masyarakat diantaranya adalah kurangnya partisipasi dan keterbukaan terhadap kelompok, kurangnya motivasi dan kepedulian masyarakat untuk terlibat dalam perencanaan. Alternatif bijakan yang disarankan dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani adalah peningkatan pembinaan dan pendampingan, peningkatan kapasitas SDM petani, dan peningkatan sarana prasarana, akses modal, pemasaran dan dukungan lintas sektor.

References

Aminah, S., Sumardjo, Lubis, D., dan Susanto, D., 2015. Strategi Peningkatan Keberdayaan Petani Kecil Menuju Ketahanan Pangan. Sosiohumaniora, Volume 18 No. 3 November 2015
Dewi, MHU, 2013. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Kawistara, Vol. 3, No. 2, Agustus 2013: 129-139
Daraba, D. (2015) “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Program Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Kecamatan Polong Bangkeng Utara Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan,” Sosiohumaniora, 17(2), Pp. 168–169.
Dinas Tanaman Pangan Holitikultura dan Perkebunan 2019. Laporan tahunan tahun 2019.
Hermawan, Y, 2016. Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Program-program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ngudi Kapinteran, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Volume 3 – Nomor 1, Maret 2016, (97 - 108).
Hikmat H, 2010. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, cetakan ke 5. Bandung: Humania Utama Press.
Reswari MM., 2015. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pertanian Tangguh Masukan Lokal Pada Kelompok Tani Mekar Sari Desa Curugsewu Kecamatan Patean Kendal. Skripsi pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Rosni, 2012. Analisis Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Nelayan di Desa Dahari Selebar Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara. Jurnal Geografi.
Santosa, S. H. et al. (2016) “Pengembangan pola kemitraan dalam rangka pengentasan.
Sugiri, L., 2012. Peranan Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Publica, Vol. 2 No.1 2012.
Syarifa NH dan Wijaya A, 2019. Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Pemberdayaan melalui Program Kampung Tematik (Studi Kasus di Kampung Batik Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Semarang Timur Kota Semarang), SOLIDARITY 8 (1) (2019).
Teja, Mohamad, 2015. Pembangunan Untuk Kesejahteraan Masyarakat. Aspirasi Vol. 6 No. 1, Juni 2015.
Wrihatnolo, RR, Dwidjowijoto RN, 2007. Manajemen Pemberdayaan: Sebuah Pengantar dan Panduan Untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta; PT. Gramedia.
Yettu P, 2021. Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Kampung Moskona di Distrik Bintuni Kabupaten Teluk Bintuni. Politico: Jurnal Ilmu Politik, vol. 3, no. 1, 2016
Published
2022-10-19
How to Cite
MEDIA, Yulfira. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN ALTERNATIF KEBIJAKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PETANI (Studi di Kabupaten Tanah Datar). Jurnal Embrio, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 77-85, oct. 2022. ISSN 2808-9766. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/embrio/article/view/807>. Date accessed: 07 dec. 2022.