Senyawa Metabolit Sekunder (Tanin) pada Tanaman sebagai Antifungi

  • Natasya Hersila Universitas Negeri Padang
  • Moralita Chatri M.P
  • Vauzia M.Si
  • Irdawati M.Si

Abstract

Metabolit sekunder adalah senyawa-senyawa metabolik yang terdapat pada tanaman yang berperan dalam jangka waktu tertentu yang berfungsi menghasilkan sejumlah besar senyawa spesifik (kurang lebih 200.000 senyawa) yang memiliki peran berbeda-beda. Salah satu senyawa metabolit sekunder yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap patogen (antifungi) adalah tanin. Tanin merupakan senyawa aktif metabolit sekunder golongan polifenol yang terdiri dari gugus hidroksi dan beberapa gugus terkait seperti karboksil yang dihasilkan oleh tanaman. Senyawa tanin memiliki aktivitas antifungi sehingga dapat memperkecil dinding sel jamur karena permeabilitasnya akan terganggu sehingga dinding sel jamur tersebut tidak dapat melakukan proses metabolisme sel.

Published
2023-04-30
How to Cite
HERSILA, Natasya et al. Senyawa Metabolit Sekunder (Tanin) pada Tanaman sebagai Antifungi. Jurnal Embrio, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 16-22, apr. 2023. ISSN 2808-9766. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/embrio/article/view/882>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/embrio.v15i1.882.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.