Pemanfaatan Flavonoid sebagai Bahan Pestida Nabati

  • fadia salsabil arsy Universitas Negeri Padang
  • Dr. Moralita Chatri M.P
  • Dr. Irdawati M. Si
  • Dr. Des M.S

Abstract

Pestisida nabati merupakan suatu produk pestisida yang bahan aktifnya berasal dari tumbuhan dan digunakan untuk mengendalikan OPT (Organisme Penganggu Tanaman). Bahan aktif yang terdapat pada tumbuhan merupakan produk metabolit sekunder yang memiliki peran penting untuk dijadikan pestisida nabati dari cekaman lingkungan biotik, seperti: serangan hama, patogen, herbivora, maupun abiotik. Selain itu juga memiliki jumlah dan jenis yang bervariasi. Senyawa tersebut ialah golongan alkaloid, fenol, terpenoid, steroid, saponin, dan flavonoid. Flavonoid termasuk bagian dari senyawa metabolit sekunder yang bersifat antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, antivirus, dan antifungi yang bisa dijadikan sebgai pestisida nabati. Senyawa ini bisa ditemukan pada seluruh jaringan tumbuhan dan memiliki pigmen merah, biru, dan ungu. Hasil literature review menunjukkan bahwa banyak tumbuhan yang mengandung flavonoid yang bermanfaat sebagai pestisida nabati.

Published
2023-05-12
How to Cite
ARSY, fadia salsabil et al. Pemanfaatan Flavonoid sebagai Bahan Pestida Nabati. Jurnal Embrio, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 36-45, may 2023. ISSN 2808-9766. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/embrio/article/view/884>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31317/embrio.v15i1.884.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.