Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Menyaksikan Event Tour De Singkarak

  • Arnel Efita Universitas Tamansiswa Padang
  • Febriani Febriani Universitas Tamansiswa Padang
  • Berri Briliant Albar Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh periklanan, publisitas, dan informasi dari mulut ke mulut sebagai komponen komunikasi pemasaran terhadap keputusan menyaksikan event Tour de Singkarak. Populasi penelitian adalah pengunjung yang pernah menyaksikan event Tour de Singkarak di tahun 2014 dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dari sampel penelitian melalui pengisian angket penelitian. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil periklanan, publisitas, dan informasi dari mulut ke mulut secara satu per satu berpengaruh signifikan keputusan menyaksikan event Tour de Singkarak karena nilai t hitung periklanan (4,504), publisitas (3,167), dan informasi dari mulut ke mulut (4,166) lebih kecil dari nilai t tabel (1,984). Periklanan, publisitas, dan informasi dari mulut ke mulut secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menyaksikan event Tour de Singkarak dengan nilai F hitung (58,889).

References

Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hersona GW, Sonny; Muslihat, Asep, Setyawan, Toni. 2013. Analisis Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Lembaga Pendidikan Speaking Karawang. http://jurnal.feunsika.ac.id

Klarisa, Novita. 2013. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Swalayan Maxi Balikpapan. http://portalgaruda.org

Kotler daan Keller. 2013. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, Philip dan Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Nugroho, Bhuono Agung. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Rangkuti, Freddy. 2011. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sandy, Febryan; Arifin, Zainul; Yaningwati, Fransisca. 2014. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Jurusan Bisnis

Angkatan 2010-2012 Fakultas Ilmu Administrasi Pengguna Indosat di Universitas Brawijaya). http://administrasibisnis. studentjournal.ub.ac.id

Sarwono, Jonathan. 2009. Panduan Lengkap Untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sekaran, U. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Bandung: Kencana.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Published
2014-09-01
How to Cite
EFITA, Arnel; FEBRIANI, Febriani; ALBAR, Berri Briliant. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Menyaksikan Event Tour De Singkarak. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 17-36, sep. 2014. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/195>. Date accessed: 03 may 2024.