Analisis Strategi Pengembangan Usaha Perabot Alumunium dengan Metode SWOT pada Toko Citra Mandiri di Kota Padang

  • Anton Suriadi Universitas Tamansiswa Padang
  • Hesti Mayasari Universitas Tamansiswa Padang
  • Sepris Yonaldi Universitas Tamansiswa Padang
  • Hesti Mayasari Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran Toko Citra Mandiri serta menganalisis strategi apa yang tepat diterapkan pada Toko Citra Mandiri.Pada penelitian ini penulis menggunakan metode SWOT untuk menganalisis faktor internal dan eksternal serta strategi apa yang tepat diterapkan pada Toko Citra Mandiri.Berdasarkan analisis SWOT, total skor faktor kekuatan lebih dominan daripada kelemahan pada Toko Citra Mandiri yaitu, 2.70 berbanding 0.60.Sedangkan untuk total skor faktor peluang juga lebih besar dari pada ancaman yakni, 1.50 berbanding 0.95. Maka dari itu toko citra mandiri masih bisa mengandalkan kekuatan internalnya untuk memanfaatkan peluang eksternalnya.Alternatif strategi yang dapat diterapkan berdasarkan matriks SWOT yaitu, menciptakan strategi SO, ST,WO, WT.Berdasarkan analisis matriks Internal-Eksternal, total skor faktor internal 3.30 dan total skor faktor eksternal sebesar 2.45 dan pertemuan kedua titik nya Toko Citra Mandiri berada pada sel IVĀ  yang mengindikasikan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk.Dilihat dari analisis matriks SPACE Toko Citra Mandiri berada pada kuadran konsevatif yang mengindikasikan strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk

References

Abdullah, Thamrin. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Raja grafindo persada.
David, Fred.R. 2009. Strategic management. Jakarta. Salemba Empat.
David, Fred.R. 2012. Strategic management. Jakarta. Salemba Empat.
Husna, Asmaul. dkk. 2013. Jurnal Ilmu Perikanan Tropis, Studi Kasus Prospek Usaha Kerupuk Ikan di Kampung Semanting Kabupaten Berau. Samarinda: Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman.
Kotler, Philip. Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran 13 Jilid I.
Machfoedz, Mahmud. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN
Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia.
Noor, Syamsudin, 2014. Jurnal Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu LUXIO. Malang, PT. Astra International tbk.
Putri, Eki Nevita,. 2014. Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis SWOT dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks). Studi kasus Restoran Big Burger. Malang.
Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk menghadapi Abad 21. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sarjono, B. 2013. Pengelolaan Strategi Dalam Persaingan Bisnis. Jurnal Manajemen Strategi. Vol 9.
Siahaan, P. E. 2008. Analisis Strategi Pengembangan Usahan Restoran Rice Bowl. Skripsi. IPB Bogor.
Siahaan, I.O. 2011. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan pendekatan Metode Serqual (Service Quality) Studi Kasus di Restoran The Amsterdam Garden Resto dan Steak House Malang. Skripsi Universitas Brawijaya Malang.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta Bandung.
Suhartini. 2012. Jurnal Analisa SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama.
Yunanto, Ari, 2013. Jurnal Analisis Posisi Strategis Usaha Kecil Dn Menengah (UKM) Shuttelcock. Purwokerto: Universitas Jendral Soedirman.
Published
2016-01-19
How to Cite
SURIADI, Anton et al. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Perabot Alumunium dengan Metode SWOT pada Toko Citra Mandiri di Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-19, jan. 2016. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/261>. Date accessed: 02 mar. 2024.