Pengaruh Perceived Value dan Perceived Behavioral Control terhadap Behavioral Intention Wisatawan (Studi Kasus Objek Wisata Pemandian Tirta Alam Kabupaten Padang Pariaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengaruh perceived value dan perceived behavioral control terhadap behavioral intention wisatawan di objek wisata Pemandian Tirta Alami di Kabupaten Padang Pariaman.Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive Sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang responden, teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, penyebaran angket, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil uji regresi linear adalah Y = 0,316+0,509X1+0,305X2+e. Hasil uji t terbukti bahwa perceived value (X1)dan Perceived behavioral control (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention wisatawan di objek wisata Pemandian Tirta Alami di Kabupaten Padang Pariaman dengan nilai sig. 0,00 <0,05. Hasil uji F terbukti bahwa perceived value dan perceived behavioral control secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap behavioral intention wisatawan di Pemandian Tirta Alami di Kabupaten Padang Pariaman dengan nilai sig 0,00<0,05. Sedangkan Hasil uji koefisien determinasi sebesar 70,4% dan sisanya 29,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Yogyakarta: Rineka Cipta.
Ajzen, I., & Driver, B. L. (1991). Prediction of leisure participation from behavioral, normative, and control beliefs: An application of the theory of planned behavior. Leisure Sciences, 13(3), 185–204. https://doi.org/10.1080/01490409109513137
Candra, Y., & Mayasari, H. (2017). Perceived Value Dan Perceived Quality Terhadap Ehavioral Intention Wisatawan Di Taplau Padang. UNES Journal of Social And Economics Research, 2(2), 143. https://doi.org/10.31933/ujser.2.2.143-149.2017
Cengiz, E., & Kirkbir, F. (2007). Customer perceived value: The development of a multiple item scale in hospitals. Problems and Perspectives in Management, 5(3), 252–268.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Edisi Kedua belas. Indeks. Jakarta.
Kotler, Philip, and Kevin Lenne Keller. 2012. Marketing Management 14E. New Jersey: Person
Peter, P. J., & Olson, J. C. (2012). Consumer Behavior Marketing.
Rahmi, M., Andari, R., & Yuniawati, Y. (2017). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION WISATAWAN DI SAUNG ANGKLUNG UDJO (Survey Terhadap Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Saung Angklung Udjo). THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(2), 1033. https://doi.org/10.17509/thej.v6i2.5513
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D Bandung Alfabeta.
Suko, F., Sobari, N., & Usman, H. (2018). Pengaruh Attitude , Subjective Norms dan Perceived Behavioral Control terhadap Intensi Kepemilikan Kartu Kredit Syariah. MEIS : Jurnal Middle East and Islamic Studies, 5(2), 1–22.
Sunyoto, Danang. 2013. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS.
Wilantari, N. N. A., & Memoriance, --. (2018). Komunikasi Massa dalam Manajemen Pariwisata. Dharma Duta, 16(1). https://doi.org/10.33363/dd.v16i1.139
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Click for JMK's Copyright and License Statement