Peran Gaya Hidup dan Atmosphere Cafe terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z dan Y dengan SEM PLS (Studi Kasus pada Cafe di Pasaman Barat)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh: 1) Gaya hidupterhadap keputusan pembelian Generasi Z dan Y pada Café di Pasaman Barat; 2). Atmosphere Café terhadap keputusan pembelian Generasi Z dan Y pada Café di PasamanBarat; dan 3) Gaya Hidup dan Atmosphree Café terhadap keputusan pembelian Generasi Zdan Y pada Café di Pasaman Barat. Populasi didalam penelitian ini berjumlah sebanyak200orang dan sampel sebanyak 100 orang yang diambil secara random sampling. Analisis yangdigunakan adalah analisis SEM Pls dan uji hipotesis t. Hasil analisis SEMPls danuji hipotesis menunjukkan: 1. Gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap keputusanpembelian Generasi Z dan Y pada café di Pasaman Barat. 2. Atmosphere cafe berpengaruhpositif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Generasi Z dan Ypada cafédi pasaman Barat. 3. Kontribusi gaya hidup dan atmosphere café terhadap keputusan pembeliangenerasi Z dan Y pada café di Pasaman Barat adalah 71,6%, sedangkan sisanya 28,4%dipengaruhi oleh faktor lain di luar
References
of Competitiveness, 8(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06
Foster, B. (2008). Manajemen Ritel. Alfabeta. Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Universitas
Diponegoro. Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBMSPSS 20. UniversitasDiponegoro. Hair, Joseph & Black, William & Babin, Barry & Anderson, R. (2010). Multivariate DataAnalysis: A Global Perspective (7th ed.). Pearson. https://www.researchgate.net/publication/237009923_Multivariate_Data_Analysis_A_Global_Perspective
Heryana, S. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Dan Gaya Hidup Terhadap KeputusanPembelian Konsumen Pada Outlet The Secret Bandung. Universitas Komputer
Indonesia. www.unikom.ac.id
Kasali, R. (2001). Membidik Pasar Indonesia; Segmentasi Targeting Dan Positioning
(Kelima). PT. Gramedia Utama. Kotler, et, A. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Satu). Erlangga. Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Marketing Management (16th ed.). Pearson Prentice Hall. Malhotra, N. K. (2009). Basic Marketing Research: A Decision–Making Approach. NewJersey: Prentice-Hall, Pearson Education Inc. Upper Saddle River., third edition. Purnomo, A. K. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian GenYPada Old Bens Café. Jurnal Manajemen Maranatha, 16(2), 133-212 ISSN1411-9293. Sarwono, J., & Narimawati, U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial
Least Square SEM (PLS-SEM). ANDI. Sean, L. (2004). An exploration of generational values in life and at work. Carleton
University Ottawa, Ontario. Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Wulandari, K. A., & Iriani, S. S. (2020). Store Atmosphere dan Gaya Hidup Hedonis sebagai
Penentu Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Rolag Kopi Kayoon Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 909. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p909-920
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2011). Generasi Baru Mengolah Data Penelitian denganPartial Least Square Path Modeling : Aplikasi dengan Software XLSTAT, SmartPLS, dan Visual PLS. Salemba Infotek. Yuliati, A. R. dan A. L. (2019). Pengaruh Store Atmospere Dan Gaya Hidup TerhadapKeputusan Pembelian Konsumen Di Matahari Department Store. E-Proceeding of
Management, 6(3).
Click for JMK's Copyright and License Statement