Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Tiang Beton pada PT. Jaya Sentrikon Indonesia

  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Tamansiswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara  parsial  dan  simultan  produk,  harga,  distribusi  dan  promosi  terhadap keputusan  pembelian tiang  beton pada  PT. Jaya  Sentrikon  Indonesia.  Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pembeli atau pelanggan tiang beton pada PT. Jaya Sentrikon Indonesia yaitu perusahaan Perseroan Terbatas (PT) yang berjumlah 53 perusahaan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi. hasil uji t menunukkan bahwa variabel produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel distribusi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian hal ini terbukti dengan nilai signifikannya diatas 0,005 yaitu 0,163 nilai signifikan  0,238.  Hasil  uji  F  terlihat  bahwa  bauran  pemasaran  berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian tiang beton pada PT. Jaya Sentrikon Indonesia. Nilai koefisien determinasi (adjusted R Square) menjelaskan bahwa bauran pemasaran memberi kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,669 atau 66,9%  dan sisanya 33,1 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini


 

References

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran ; Dasar, Konsep dan Strategi. PT. Grafindo Persada. Jakarta.

Ferdinand, A. 2000. Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen.

Kotler dan Amstrong. 2005. Prinsip- prinsip Marketing. Edisi Ketujuh. Penerbit Salemba Empat : Jakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary.2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran 1. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2010. Principles of Marketing 13th Edition. Prentice -Hall, Inc. New Jersey.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2012. Marketing Management Edisi 14. Global Edition Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2 Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.

Kotler, Phillip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Pearson Education Inc, New Jersey.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks : Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan .Bandung : CV Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen : Teori dan penerapan dalam pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Swasta, Basu. 2006. Azas-azas Marketing, Edisi ke 3. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa, Andi. Yogyakarta.
Published
2017-01-18
How to Cite
SYAMSURIZAL, Syamsurizal; CANDRA, Yuni. Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Tiang Beton pada PT. Jaya Sentrikon Indonesia. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 67-81, jan. 2017. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/93>. Date accessed: 28 apr. 2024.