Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pos Express di Kota Padang

  • Eka Permata Putra Universitas Tamansiswa Padang
  • Sepris Yonaldi Universitas Tamansiswa Padang
  • Yuni Candra Universitas Tamansiswa Padang

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kinerja layanan, kepercayaan, dan harga terhadap loyalitas pelanggan jasa pos express di kota Padang. Hasil survey dilapangan menunjukan bahwa pada tiga tahun terakhir jumlah konsumen yang menggunakan layanan jasa pos express mengalami penurunan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini, berdasarkan pada jumlah pelanggang yang menggunakan jasa pos express tahun 2014  adalah 93.138 orang, dengan jumlah sampel yang diperoleh dari rumus Slovin adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling incidental. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefesien determinasi. Sebelum dilakukan pengujian berdasarkan alat analisis yang digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan analisis regresi linear berganda didapat persamaan : Y= -1,787 + 0,361X1 + 0,329X2 + 0,237X3 + e. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan thitung 3,153 > ttabel 1,985. Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan thitung 4,003 > ttabel 1,985. Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan thitung 3,356 > ttabel 1,985. Kinerja layanan, kepercayaan, dan harga secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan Fhitung 32,037 > Ftabel 2,70. Dari hasil koefisien determinasi diketahui kontribusi yang diberikan oleh kinerja layanan, kepercayaan, dan harga terhadap loyalitas pelanggan adalah 48,50% maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan variabel kinerja layanan, kepercayaan, dan harga dalam menjelaskan variabel loyalitas pelanggan sebesar 48,50%.

References

Dharmayanti, Diah. 2006. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Sebagai Moderating Variabel Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1. No. 1. (April 2006)

Jahroni. 2009. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan, Komitmen, Kepercayaan Pada Bank Central Asia Tbk. Jurnal Akuuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik (JAMBSP). Vol. 5. No. 3. (Juni 2009)

Japarianto, Edwin. 2014. Evaluasi Customer PT Pos Indonesia Ditinjau Dari Kepuasan Kepercayaan Dan Switching Barriers. Junal Manajemen Pemasaran. Vol. 8. No. 1. (April 2014)

Kurniasih, Indah Dwi. 2012. Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Variabel Kepuasan. Jurnal Administrasi Bisnis.Volume 1. Nomor 1. (September 2012)

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Salemba Empat. Jakarta

Marina, Sandriana, Andi Darmawati dan Indra Setiawan. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Penerbangan Full Service Airlines. Jurnal Manajemen Transportasi dan Logistik. Vol. 01. No. 02. (Juli 2014)

Mulyana, dan Sufiyanor. 2009. Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal. Sultan Agung. Vol XLV. No.199. (September-Nopember 2009)

Murti, Sasanti Herdina. 2013. Pengaruh Dimensi Relantionship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Management Analysis Journal. Volume 1. Nomor 2. ISSN 2252-6552

Nugroho, Adi Wahyu. 2013. Pengaruh Kinerja Layanan. Kepercayaan. Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang. Diponegoro Journal Of Management. Volume 2. Nomor 3. Tahun 2013. Halaman 2

Putra, Arnes. 2012. Pengaruh Kualitas, Desain, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tipe Sepeda Motor Honda Di Kota Padang. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Taman Siswa Padang

Santi, Elfitri. 2014. Pengaruh Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV. Jaya Herbal Cabang Padang.Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Volume 5. Nomor 1. (Januari 2014). ISSN : 2086 - 5031

Seravina, Marisa.2008. Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Britama. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor

Siregar, Syofian. 2012. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Ed. I. Andi Offset. Yogyakarta

Yenida, Sumiarti, Sarmiadi. 2014. Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran, Sistem Pendidikan Perguruan Tinggi, Status Akreditasi Terhadap Keputusan Mahasiwa Dalam Memilih Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Padang. e-jurnal Universitas Tamansiswa Padang.

Widyaningtyas, Richa. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Harina. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang
Published
2016-01-10
How to Cite
PUTRA, Eka Permata; YONALDI, Sepris; CANDRA, Yuni. Analisis Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pos Express di Kota Padang. Manajemen dan Kewirausahaan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 15-31, jan. 2016. ISSN 2615-3300. Available at: <https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/219>. Date accessed: 29 apr. 2024.